SuryaNamaskar
 

 
Surya Namaskar (Sun Salutation) merupakan serangkaian 8 posisi yoga , ada yang diulang sehingga mencapai 13 posisi
Kegunaanya adalah untuk menyelaraskan badan – pikiran dan pernapasan serta melatih otot, pencernaan, organ tubuh lainnya melalui peregangan – penekanan – liukan
Disamping itu memperbaiki kelenturan, kekuatan, konsentrasi dan pemusatan pikiran

Sun Salutation dapat dilakukan 2x sehari
 

1.Namaskar (Salute)

Namaskar1
 
 
Start dalam keadaan berdiri menghadap ke Matahari…ke-2 kaki merapat, telapak tangan bertemu dalam posisi sembahyang
 
 
 
 
 
2.Ardha Chandrasana (Half Moon Pose)

Ardha Chandrasana(halfmoonpose)
 
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan) ..angkat tangan keatas dan arahkan tubuh agak kebelakang ..keluarkan napas
 
 
 
 
 
3.Padangusthasana (Hand to Foot Pose)

Padangusthasana
 
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan), badan membungkuk kebawah kedepan ..tapak tangan sejajar dengan kaki…dahi memngenai lutut…keluarkan napas
 
 
 
 
 
 
 
4.Surya Darshan (Sun Sight Pose)

Surya Darshan
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan),geser kaki kanan kebelakang tubuh…ke2 tangan ke lantai …kaki kiri diantara tke-2 tangan …kepala ditengadah ke langit langit….,keluarkan napas
 
 
 
5.Purvottanasana (Inclined Plane)
 
Purvottanasana
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan), take your right leg away from your body, in a big backward step. Both your hands should be firmly planted on your mat, your left foot between your hands, head tilted towards the ceiling
 
 
 
6.Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog Pose)
 
Adho Mukha Svanasana
 
 
Keluarkan napas …naikan pantat ke langit langit …luruskan ke-2 tangan…letakkan kepala diantara nya
 
 
 
 
7.Sashtang Dandawat (Forehead, Chest, Knee to Floor Pose)
 
 
Sashtang DandawatBeranapaslah secara normal …turunkan tubuh sehingga dahi…dada..lutut…tangan…kaki menyentuh lantai …pantat posisi keatas
 
 
 
8.Bhujangasana (Cobra Pose)
 
 
Bhujangasana
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan),dengan perlahan lakukan gerakan sehingga kepala mendongkak keatas secara maksimal…punggung melengkung kebawah,
 
 
 
 
9.Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog Pose)
 
 
Adho Mukha Svanasana
 
Keluarkan napas….naikan pantat ke langit langit …luruskan ke-2 tangan…letakkan kepala diantara nya
 
 
 
 
 
10.Surya Darshan (Sun Sight Pose)
 
 
Surya Darshan
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan),geser kaki kanan kebelakang tubuh…ke2 tangan ke lantai …kaki kiri diantara tke-2 tangan …kepala ditengadah ke langit langit….keluarkan napas
 
 
 
 
11.Padangusthasana (Hand to Foot Pose)
 
Padangusthasana
 
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan), badan membungkuk kebawah kedepan ..tapak tangan sejajar dengan kaki…dahi memngenai lutut…keluarkan napas
 
 
 
 
 
12.Ardha Chandrasana (Half Moon Pose)
 
Ardha Chandrasana(halfmoonpose)
 
 
Ambil napas dalam (kecilkan perut 30 hitungan).. tahan napas(buncitkan perut 60 hitungan) ..angkat tangan keatas dan arahkan tubuh agak kebelakang ..keluarkan napas
 
 
 
 
 
 
13.Namaskar (Salute)
 
Namaskar1
 
 
Kembali dalam keadaan berdiri menghadap ke Matahari…ke-2 kaki merapat, telapak tangan bertemu dalam posisi