Keluarga Lamiaceae
 
rosemary-300x249
Sepintas jika diperhatikan Rosemarynus officinalis atau Rosemary yang berasal dari kelas Magnoliopsida family Lamiaceae terlihat hampir sama dengan anak cemara. Padahal pohon yang memiliki aroma khas seperti minyak kayu putih ini bukan termasuk pohon cemara.

Selama ini orang-orang hanya mengetahui bahwa tanaman yang berasal dari Eropa ini hanya memiliki fungsi sebagai tanaman hias karena pohon rosemary biasanya memang menghiasi sudut-sudut ruangan di dalam rumah.

Rosemary (Rosmarinus officinalis) merupakan sebuah tanaman yang kuat, yang tahan penyakit dan hama, yang dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan. Teh rosemary dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini banyak mengandung, zat besi, dan Vitamin B6.

Tanaman ini menebar aroma wangi, sekaligus mengacaukan penciuman dan daya efektivitas “radar” sang nyamuk. Bunganya kecil-kecil warna ungu, daun berbentuk jarum tapi lembut, panjang sekitar 2-2,5 cm.
 
rosemary2

Tanaman ini termasuk jenis evergreen dan akan tumbuh hingga 1.5-2 meter tingginya. Bentuk daunnya sangat sempit, oval kecil, berujung runcing, dengan warna hijau gelap di atasnya dan keabuan di bawah daun. Bunga berwarna ungu pucat hingga biru gelap. Tanaman famili lamiaceae ini perlu cukup air dan sinar matahari. Untuk dipajang dalam ruangan, sebaiknya diposisikan dekat jendela, agar mendapat sinar matahari.
Jika melihat dari bentuk fisiknya, tanaman rosemary ini kurang menarik dijadikan tanaman hias. Tapi jika melihat fungsinya jangan heran jika banyak orang yang mencari tanaman ini. Sebagai tanaman batang keras, bentuk tanaman rosemary tidak berbeda dengan tanaman lain sejenisnya.

Kelebihannya hanya terletak pada baunya yang sangat menyengat. Warna daunnya hijau tua dan bentuk daunnya meruncing.
Tapi baunya yang menyengat inilah yang dicari-cari orang, karena baunya yang tercium saat tanaman ini tertiup angin justru dapat mengusir nyamuk, kelebihan tanaman yang diakui cukup ampuh menjauhkan nyamuk
 
Kebetulan di Lotte dijual Rosemary dalam kemasan plastik @ Rp 10.500

Rosemary - Lotte @ Rp 10.50020140306_102312
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

3(tiga)batang Rosemary kutancapkan didalam pot …semoga tumbuh

 
20140306_094942

 
Lahan

Tanaman rosemary membutuhkan udara yang kering dan sejuk. Meski demikian tanaman dengan warna bunga ungu ini dapat bertahan hidup dalam kondisi tanah yang kering. Akan tetapi pohon Rosemary juga bisa terserang hama dan mati jika tanah tersebut tergenang air
 
Kandungan

Rosemary telah diteliti dan dikembangkan oleh beberapa ahli. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kandungan daun rosemary mengandung 1- 25% minyak atsiri, chineol 30%, bornyl asetat 7%, borneol 16-20%, therein 1,8%, champor 15-255 serta minyak esensial.

Jika diperhatikan dari manfaat yang terkandung didalam rosemary serta bentuk tanamannya yang menarik maka tidak menutup kemungkinan tanaman rosemary memiliki prospek yang cerah dan nilai jual yang tinggi.
Jika bisa membudidayakan rosemary secara komersil dan baik maka pastinya tanaman rosemary akan menghasilkan keuntungan yang besar.
 
Manfaat

1) Rosemary bisa menjadi rangsangan bagi otak dan ingatan yang sempurna karena bisa memberikan otak suplai darah yang kaya oksigen sehingga meningkatkan fungsi otak.
Disebutkan bahwa rosemary mengandung antioksidan yang kuat dan berkualitas yang diyakini bisa mengatasi radikal bebas serta menunjukkan aktivitas anti-tumor dan anti-kanker.

2) Rosemary juga merupakan rangsang yang sempurna bagi sistem sirkulasi yang tidak hanya meningkatkan fungsi otak namun juga bisa dimanfaatkan untuk merawat gangguan yang dicirikan dengan melemahnya sistem sirkulasi secara kronis misalnya tekanan darah rendah dan tinggi, memar, pembengkakan pembuluh darah hingga cedera otot

3) Rosemary juga bisa membantu menjaga saluran pencernaan serta menenangkan perut dengan cara merenggangkan otot-otot halus di daerah pencernaan, mengurangi kejang dan kram di dalam usus serta menghilangkan rasa kaku atau begah

4) Rosemary juga dikenal efektif untuk membantu pencernaan lemak. Rosemary bisa meregangkan otot, saraf, mengurangi ketegangan, kecemasan serta rasa sakit pada seluruh tubuh.
Maka dari itu rosemary juga bisa berguna bagi seseorang yang sedang menjalani perawatan sakit kepala, migrain, depresi, kelelahan, kecemasan serta apati.
Disebutkan bahwa rosemary juga sangat efektif dalam menghilangkan sakit rematik, nyeri otot dan gangguan pada persendian.

5) Sebagai antiseptik rosemary akan membantu mengontrol banyak organisme patogen dan membersihkan darah. Kandungan minyak atsiri dalam rosemary juga bisa membantu menenangkan syaraf yang tegang.

6) Rosemary Bisa Menurunkan Agen Penyebab Kanker…Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Food Science menunjukkan bahwa penambahan ekstrak rosemary pada daging mengurangi agen penyebab kanker yang timbul selama pemasakan.
Heterocyclic amines (HCAs) adalah senyawa mutagenik yang terbentuk apabila daging dan ikan dimasak pada suhu tinggi, khususnya pada daging yang di bakar, dipanggang, digoreng.
The National Toxicology Program milik US Department of Health and Human Services mengkatagorikan HCAs sebagai bahan karsinogen yang dapat meningkatkan resiko kanker tertentu.
Kanithaporn Puangsombat dan J. Scott Smith, Peneliti Kansas State University meneliti bagaimana mengurangi kadar HCAs pada daging yang dimasak pada suhu tinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan lima ekstrak rosemary pada berbagai konsentrasi air dan etanol dan kemampuannya untuk menghambat pembentukan HCAs pada burger daging.
Ekstrak rosemary diisolasi dengan konsentrasi etanol dari 10-40%. Ekstrak kemudian ditambahkan langsung ke dalam burger, dan dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi dan pada suhu 375 F selama 6 menit untuk setiap sisi.
Peneliti menemukan bahwa pada semua tingkat konsentrasi akan menguragi kandungan HCAs pada semua suhu.
Saat burger dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi, rosemary yang diekstrak pada konsentrasi etanol rendah adalah yang paling efektif untuk mencegah pembentukan HCAs.
Rosemary yang diekstrak dengan etanol pada konsentrasi rendah mengandung campuran rosmarinic acid, carnosol, dan carnosic acid. senyawa ini akan bekerja sama dalam menghambat pembentukan HCAs.

6) Rosemary Sebagai Aroma Terapi
Ada tiga jenis kemotipe bunga rosemary yang bisa dimanfaatkan untuk aromaterapi yaitu :


Rosemary officinalis ct Champor
Rosemary officinalis ct. Cineole
Rosemary officinalis ct Verbenon.

 
Rosemary officinalis ct Champor mengandung 30% champor yang memiliki khasiat sebagai deuretik dekongestan yang melonggarkan otot yang tegang dan menstimulus sirkulasi peredaran darah.
 
Rosemary officinalis ct. Cineole mengandung 40-55% cineole yang berkhasiat sebagai anti kataral. Kataral adalah selaput lendir yang meradang dengan mengeluarkan getah radang serta berpengaruh pada peradangan pada saluran pernapasan, ekspektoran dan pengusir bakteri seperti Staphylococcus aereus dan Staphylococcus alba.
 
Rosemary officinalis ct Verbenon mengandung 15-40% verbenone yang berkhasiat sebagai anti kataral, mukolitik, ekspektoran, dan antipasmodik.
Ekspektoran adalah suatu zat yang bisa membantu meningkatkan terbentuknya dahak dalam saluran pernapasan serta mempermudah untuk pengeluarannya.
Mukolitik merupakan suatu zat yang membantu mencairkan dahak sehingga jika dahak sudah berhasil diencerkan maka akan lebih mudah untuk mengeluarkannya, maka pernapasaan akan menjadi normal kembali.
 
Rosemary officinalis ct Verbenon mengandung 15-40% verbenone yang berkhasiat sebagai anti kataral, mukolitik, ekspektoran, dan antipasmod
 
 
Manfaat Kecantikan Rosemary

Dalam bidang kecantikan

rosemary bisa dijadikan penguat rambut yang dikombinasikan dengan shampoo.
Prospek bunga rosemary cukup bagus sesuai dengan tren, maka jika sudah menjadi tren maka banyak yang menyerbunya sehingga harganya akan menjadi mahal.
Dari prospek yang cerah ini semoga saja para petani mau mengembangkan tanaman ini sebagai tanaman yang komersil yang dibudidayakan sehingga akan mendapatkan keuntungan yang besar.
 
Untuk mengusir nyamuk

Tanaman ini bisa mengeluarkan aroma khas yang bisa membuat nyamuk tidak betah jika berada di dekat tanaman ini.
Ternyata selain sebagai bahan kosmetik dan obat, rosemary juga menjadi musuh alami bagi serangga, lalat wortel, ulat dan kumbang kacang.

  • Jika tanaman ini ditanam secara tumpangsari maka hama-hama tersebut bisa mati terbunuh karena aroma yang dikeluarkannya.
  • Untuk bisa mendapatkan manfaatnya anda bisa membakar daun ataupun batangnya hingga mengeluarkan uap. Uap yang keluar ini jika masuk ke trachea nyamuk akan mengakibatkan nyamuk menjadi pusing lalu mati
  •  
    Namun ada dampak yang perlu diperhatikan juga bahwa pada penggunaan yang berlebih akan mengakibatkan iritasi kulit dan kram perut sewaktu haid.
     
    Cara Menanamnya

    1 Tempatkan biji rosemary dalam wadah dan rendam dengan air selama kurang lebih 3 jam sebelum ditanam. Biji rosemary terkadang agak sulit untuk berkecambah bila ditanam langsung.

    2 Paling baik menanam biji rosemary di tanah kompos. Sterilkan tanah sebelumnya bila tidak yakin akan bibit penyakit/jamur/insektisida dalam kompos tersebut. Mengukus tanah yang akan digunakan adalah cara yang dapat digunakan apabila enggan menggunakan insektisida atau fungisida.

    3 Tanam benih di pot dan beri air secukupnya, jaga media tanam tetap lembab sampai biji berkecambah, tempatkan pot di tempat yang kena matahari. Siram secukupnya apabila media tanam terlihat kering, jangan sampai dibiarkan becek dan tergenang karena menyebabkan akar dan tanaman menjadi busuk.

    4 Rosemary senang cahaya matahari dan tanah yang gembur dengan aerasi yang baik.

    5 Siram secukupnya. Rosemary biasanya tidak perlu dipupuk, gunakan pupuk kompos atau pupuk organik bila dibutuhkan. Rosemary tahan kering jadi jangan terlalu banyak disiram.
     
    atau
     
    1. siapkan pot grower atau pot tanah liat dengan ukuran diameter 10cm
    2. isi bagian bawah pot dengan sedikit potongan styrofoam
    3. isi pot dengan campuran tanah kompos dan sekam bakar. tanah kompos yang digunakan sebaiknya mengandung banyak cacahan daun atau pakis
    4. lembabkan dengan air
    5. taburkan bibit di atas tanah, lalu taburkan tipis-tipis tanah kompos di atasnya
    6. selalu jaga kelembaban dengan membasahi dengan water spray, jangan diguyur
    7. letakkan di tempat yang kena sinar matahari dan beraerasi baik
    8. jangan diletakkan di tempat yang kering dan panas dan terguyur air hujan
    9. setelah biji-biji tumbuh besar dan cukup kuat untuk dipindahkan, pindahkan ke pot yang lebih besar atau di tanam di tanah di tempat yang cocok untuk pertumbuhannya sesuai dengan jenis herbs
     
    Rosemary dapat ditanam dengan stek batang. Cukup dipotong dan ditancapkan di pot dengan tanah kompos sampai berakar dan siap dipindahkan
     
    DAPAT MENGHUBUNGI MIRA DI NOMOR 0811 222 5 222
    ONGKOS KIRIM RP 10.000 untuk JAKARTA DAN SEKITAR, LUAR JAWA 15.000 sd 20.000

     
    jedelaAlam2
     
    http://littleangeltri.blogspot.com/2013/05/kegunaan-cara-menanam-rosemary.html?showComment=1393379695412#c2804469841549602489