Sejarah menciptakan mobnas sudah dimulai sejak lama
Sayangnya kebanyakan merupakan impian belaka yang pada akhirnya harus menyerah kepada import “mobil murah” dari luar …kembali ke Komisi yang gurih…
 
 
Harga mobil dibawah Rp 100 juta (standard)
 
 
Suzuki-Karimun-Wagon-R-2
 
 

  • Suzuki-KarimunR – 1000 cc
  • datsun-go-main
     
     
     
     
     

  • Datsun Go – 1200 cc
  •  
     
     
     
     
    Harga mobil diatas Rp 100 – Rp 150 juta
     
    chevrolet-spark
     

  • Chevrolet – Spark – 1200 cc
  •  
     
     
     

    Daihatsu-Xenia
     

  • Daihatsu – Xenia – 1300 atau 1500 cc
  •  
     
     
     
     
    Daihatsu-Sirion
     

  • Daihatsu – Sirion – 1300 cc
  •  
     
     
     
     
     
     
    mitsubishi-mirage
     
     
     

  • Mitsubshi – Mirage – 1200 cc
  •  
     
     
     
     
    Suzuki_Splash
     
     
     
     

  • Suzuki – Flash – 1300 cc
  •  
     
     
     
     
     
    Honda_Mobilio
     
     

  • Honda – Mobilio – 1500 cc
  •  
     
     
     
     
     
     
    Toyota_Avanza
     

  • Toyota – Avanza – 1300 atau 1500 cc
  •  
     
     
     
     
    Fiat-model_500_turbo
     
     
    Apakah Fiat dapat comeback lagi dengan Fiat 500 – 1400 cc…?
     
     
     
     
     
    Ford-Figondex
     
    Ford Motor – Figo – 1200 cc
     
     
     
     
    Harga mobil Rp 500 juta keatas
     
    pajero_sport_top_image
     
    Mitsubishi – Pajero Sport 2.5 L Dakar 5 – 2.500 cc – Diesel Airbag – Dual SRS Airbag Harga: Rp 509,5 juta
     
     
     
     
     
    Subaru-Impreza_WRX_STI-2006
     
     
     
    Subaru – Impreza STI 2.5 – 2.500 cc – Harga: Rp 675 juta
     
     
     
     
     
     
     
    Nissan Elgrand 2013
     
     
     
    Nissan – Elgrand 3.5 L – 3.500 cc
    Harga: Rp 940 juta
     
     
     
     
    mazda_cx9
     
     
     
     
    Mazda CX-9 – 3.700 cc – Harga: Rp 819 juta
     
     
     
     
     
    Toyota-Camry-
     
     
    Toyota – All New Camry 2.5 L A/T Hybrid – 2.500 cc – Harga: Rp 655,8 juta
     
     
     
     
     
     
     
    Honda-NewAccord
     
    Honda – All New Accord 2.4 VTI-L A/T – 2.400 cc – Harga: Rp 554 juta
     
     
     
     
     
     
    honda-cr-z
     
     
    Honda – CR-Z CVT SC – 1.500 cc – Harga: Rp 500 juta
     

    Kia-Optima
     
     
     
     
     
     
    KIA – New Optima – 2.400 cc – Harga: Rp 499 juta
     
     
     
     
     
    Hyundai Introduces Special Edition Santa Fe 'Trail'
     
     
    Hyunday = Santa Fe CRDi A/T 4WD – 2.200 cc – Harga: Rp 650 juta
     
     
     
     
     
     
    Hyundai-crfl
     
     
     
    Hyunday – H1 Royale CRDi – 2.500 cc – Harga: Rp 518,9 juta
     
     
     
     
     
     
     
     
    Perihal harga sangat tergantung dari kekuatan nilai Rupiah terhadap US$ …dengan berkisarnya nilai 1US$ = Rp 12.000 maka harga harga tersebut mengalami perubahan
     
     
    Lebih baik mengembangkan sarana transportasi umum agar Jakarta tidak semacet sekarang ini

    Jakarta-macetPenumpangAtapGerbong
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
    Merk dunia saja banyak yang sudah berpindah tangan seperti:

    VolvoRollRoyce-logoJaguar
     
     
     
     
     
     
     

    Tetapi tidak salah kalau berselancar ke http://www.muchocars.com/ untuk melihat perkembangan model model terbaru dari industri mobil
     
    MuchoCars
     
     
     
    Sejarah Mobnas
     
     
    Di era Orde Lama Mobet (Mobil beta) dengan NSU dari Jerman

    NSU_Prinz_4_(Audi_Forum_Neckarsulm)
     
    Di era Orde baru Berawal dari era Toyota Kijang pada 1975 sampai mobil Esemka di era pemerintahan Joko Widodo sebagai walikota Surakarta di tahun 2011EsmekaToyota_KIjang_1
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Maleo


     
    Mobil maleo dibidani oleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau oleh masyarakat. Mesin yang berkapasitas 1200 cc, merupakan teknologi baru hasil kerja sama dengan perusahaan Australia yang menggabungkan teknologi mesin 2 tak dengan teknologi injeksi bahan bakar. Komponen lokal maleo direncanakan diatas 80%. Dipercaya satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy Suharto anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.
     

    MR 90

    Mazda-Ventrend
     
    Proyek nasionalisasi Mazda 323 Hatchback oleh PT Indomobil, model terakhir dari upaya ini adalah Mazda Van tren pada tahun 1994.
     
     
     
     
     
     
     
     

    Kalla Motor

    Kalla Motor pernah menciptakan mobil kecil bermesin 500 cc sebagai calon mobil produksi Indonesia. Tidak diketahui kenapa tidak jadi diproduksi.
     

    Bakrie Beta 97 MPV

    Beta97_mpvGrup Bakrie melalui Bakrie Brothers pernah menyiapkan mobil Minibus pada tahun 1994. Rancangan mobil ini berjenis Minibus atau MPV, mobil yang dinamakan Beta 97 MPV ini memiliki desain orisinal buatan rumah desain Shado asal Inggris, satu unit mobil contoh sudah dibuat dan diuji coba di Inggris. Pada bulan April 1995 disain Beta 97 MPV selesai dan mulai diperlihatkan ke manajemen Bakrie dan setelah itu, desain tersebut langsung dikembangkan hingga prototipe mobil ini selesai di tahun 1997. Namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.
     

    Timor

    timor-tahun-1996
    Program mobnas paling terkenal milik PT Timor Putra Nasional milik Hutomo Mandala Putra yang didukung penuh oleh pemerintah Suharto melalui kebijakan resmi (Keppres dan inpres). Model pertama adalah Timor S515 yang merupakan Kia Sephia 1995 yang di-rebadging

    Rencanan untuk mengembangkan mobil asli Indonesia diwujudkan dalam program Timor S2. Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi kedua yang dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim Suharto.

    Selain mobil, Tommy Suharto juga sempat menggandeng pabrikan sepeda motor Cagiva dari italia , untuk memproduksi sepeda motor nasional yang dinamakan Timori. Produk pertama yang akan dilempar ke pasar rencananya adalah Sepeda motor sport 200 cc dari Cagiva.

    bimantara-cakraBimantara Upaya membuat mobil Indonesia dengan menggandeng Hyundai (korea) milik PT Bimantara milik Bambang Trihatmojo.
     

    Kancil

    kancil2
    Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti Bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta. Sayang Kancil tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari pemkot Jakarta ataupun masyarakat.
     

    Texmaco Macan

    texmaco-macan
    MACAN adalah Kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco. Dalam mengeluarkan mobil ini PT. Texmaco menggandeng Mercedes Benz, tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco bangkrut karena krisis moneter pada 1997-1998.
     

    Gang car

    gang-car
    Gang Car adalah sebuah mobil mini berkapasitas 2 orang buatan PT. DI yang ditenagai mesin 125-200 cc. Mobil ini didesain utnk berukuran cukup kecil sehingga bisa beroperasi di gang-gang sempit di daerah perkotaan (maka dari itu dinamakan Gang Car). Proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.
     

    Marlip

    marlip-comuter
    Marlip adalah mobil listrik produksi dari PT Marlip Indo Mandiri. Perusahaan ini adalah perusahan yang didirikan melalui hasil riset di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) dan merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi mobil listrik. Saat ini MIM memfokuskan usaha untuk memproduksi kendaraan listrik kegunaan khusus yang dapat digunakan di rumah sakit, padang golf, area pabrik, perkantoran, lapangan bola, area hotel/ resort, tempat-tempat wisata dan sejenisnya.

    Jenis-jenis Marlip adalah Marlip Mosen Standard ( Mobilisasi Pasien), Marlip Type R410 yang menggunakan Ban dan Pelek buatan APEX, Marlip Type Smart ( untuk Area Perumahan dan Perkantoran), Marlip Type City Car (mobil perkotaan), Marlip Type LE 320 & LE 330( Lap.Golf, Patroli, Wisata), Marlip Tipe Hercules ( Area Hotel, Perkantoran, Bandara), dan Marlip Tipe Pick up
     

    Arina

    arina2
    Arina adalah karya putra-putri Jawa Tengah, hasil kerjasama PT. Wahana Cipta Karya Mandiri dengan stake holder industri otomotif Jawa Tengah, antara lain ASKARINDO (asosiasi karoseri indonesia), klaster industri komponen dan suku cadang Jateng, BP Dikjur, Koperasi Cor Logam Batur Jaya (Ceper – Klaten), serta beberapa perguruan tinggi, antara lain Universitas Negeri Semarang (Unnes), Politeknik Manufaktur Ceper, dll.

    ARINA adalah mobnas berbentuk microcar dengan tenaga penggerak dari mesin Sepeda motor berkapasitas 150 cc sampai 250 cc. Mobil mikro ini berkapasitas 4 orang penumpang.

    Variant dari prototype pertama ARINA berupa UPV (Urban Personal Vehicle) yang didedikasikan bagi penduduk perkotaan yang mempunyai keterbatasan akan ruang garasi dan sempitnya jalan serta gang. Dengan lebar 120 cm, ARINA akan mudah dan leluasa berkeliaran di gang-gang di kota. Demikian juga dengan panjangnya yang kurang dari 300 cm, ARINA mudah diparkir di carport di rumah-rumah tipe 21 sekalipun.

    ARINA UPV cocok untuk keluarga kecil, ibu-ibu muda yang mengantar anaknya sekolah sekaligus dapat mampir di minimarket, serta untuk anak sekolah dan mahasiswa.

    Selain itu, versi ARINA ambulance feeder juga tersedia.

    Dalam waktu dekat, ARINA versi microtaxi akan menghiasi jalanan di kota-kota di Indonesia
     

    Tawon

    tawon
    Mobil yang diproduksi oleh PT Super Gasindo di Rangkasbitung, Banten ini, menggunakan bahan bakar bensin dan gas CNG, jadi sudah memenuhi standardisasi Euro III, sehingga ramah lingkungan. Mobil ini berkapasitas 650cc, 4 percepatan manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100km/jam. Konsumsi gasnya 1kg untuk 20km. Mobil Nasional yang sudah mengandung 90% kandungan lokal inipun, dijual dengan harga 48 juta on the road dan akan dijual pada juli 2010 ini. Tawon akan memiliki 2 segmentasi pasar, yaitu sebagai pengganti bajaj, serta untuk mobil penumpang pribadi.

    Website: http://www.tawon.co.id Blog: http://mobiltawon.blogspot.com

    Komodo

    komodo2

    Produk utama kami adalah FIN Komodo yaitu kendaraan offroad jenis CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relative kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relative irit.

    Untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 – 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat survive didalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.

    Komodo adalah kendaraan segala medan produksi PT. Fin Komodo Teknologi, kendaraan ini di desain untuk menjelajah segala medan dan bermesin hanya 180 cc. Pada tahun 2009 dikeluarkan juga Komodo versi Transmisi otomatis dengan mesin berkapasitas 250 cc. pada tahun 2009 Komodo ditawarkan dengan harga antara Rp 60 juta.

    Komodo merupakan hasil rancang bangun dari para insinyur yang berpengalaman dalam mendisain dan membangun pesawat terbang, sehingga dihasilkan kendaraan yang ringan dan stabil sebagai hasil kalkulasi formula yang biasa dipakai dalam struktur pesawat terbang, ringan, namun kuat.

    Pada saat ini, produksi Komodo sudah memasuki generasi ke 4 dengan perubahan pada setting mesin 4tak 250cc CVT dan CDI-nya, serta penggunaan Fin Hyper duty Shocks yang semakin memberikan ketangguhan bagi mobill Offroad Utility Vehicle ini. Untuk pada tahun 2011 ini harga Fin Komodo Standar adalah sebesar 70jt rupiah Franco Cimahi. Untuk versi tertutup/ canvas dijual seharga Rp. 78jt rupiah franco Cimahi.

    Komodo menggunakan mesin CVT 250cc 4 tak otomatis dengan 2 perslening (maju dan mundur) hasil rancang bangun PT. Fin Komodo Teknologi dengan sistem OEM ke pabrikan, sehingga tidak ada kendaraan lain yang boleh memakai mesin hasil rancangan PT. Fin Komodo Teknologi ini tanpa ijin tertulis dari PT. Fin Komodo Teknologi.

    Untuk peminat Fin Komodo, bisa langsung mengunjungi pabrik Fin Komodo di Jl. Kol Masturi no 106A ke arah lembang, disediakan track untuk test drive di Alam Wisata Cimahi (AWC) offroad track yang memiliki track sangat curam dan hanya komodo yang mampu melewatinya.

    Website: http://www.finkomodo.com Blog: http://blog.finkomodo.com atau http://finkomodo.blogspot.com
     

    GEA

    Gea-car
    GEA adalah mobil perkotaan (City car) produksi kerjasama antara PT Inka dan BPPT. Mobil ini Mesin Rusnas 650 cc yang merupakan mesin asli buatan Indonesia hasil riset BPPT. Dalam tahap pengembangan terlihat badan mobil terbuat dari serat kaca atau fiberglass dan berkapasitas 5 orang.

    Blog: http://mobnasgea.blogspot.com
     

    Esemka

    Esemka Digdaya generasi II

    Esmeka
    Esemka adalah produk mobil nasional (Mobnas) hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bekerja sama dengan institusi dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal berkisar antara 50-90%. Website : [www.mobilsmk.com]
     

    Texmaco Perkasa

    Truk Perkasa dari PT Texmaco ini merupakan satu satunya kendaraan jenis truk yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia. Truk ini mempunyai kandungan lokal mencapai 90%. Mesin diesel yang digunakan adalah lisensi dari Cummin Amerika, persneling ZF dari Jerman, gardan (axle) dari Eston Amerika serta badan adalah lisensi dari Leyland (Inggris). Tercatat TNI telah memesan 1000 unit dan sampai tahun 2009 truk ini masih operasional. Perkasa sudah tidak diproduksi lagi menyusul kebangkrutan PT Texmaco.
     

    Nuri

    nuri
    Sekali lagi, (Mobnas / Mobil Nasional) Indonesia dari PT Super Gasindo Jaya akan tampil di publik. Ini adalah saudara mobil Tawon, bernama Nuri diatur untuk menunjukkan kepada publik mulai dari bulan Juli 2010. Nuri adalah hatchback 5 pintu yang akan didukung dengan mesin 800cc dan menerapkan teknologi dual fuel (bensin dan LPG). Proyeksi harga Nuri adalah sekitar 50 juta rupiah.
     

    Wakaba

    wakaba
    Mobil Wakaba (Wahana Karya Anak Bangsa) adalah buatan komunitas otomotif dan Disperindag Jawa Barat. Kendaraan ini dirancang untuk berbagai jenis, yakni mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil pertanian, mobil pengolahan hasil pertanian, mobil angkutan umum pedesaan, mobil perkebunan serta mobil penjualan.
     

    Mobil Listrik Ahmadi

    Mobil-Ahmadi
    Mobil Listrik Ahmadi merupakan salah satu mobil listrik nasional. Prototipnya dibuat oleh Dasep Ahmadi di Jawa Barat dan akan disempurnakan untuk diproduksi masal pada tahun 2013.
     

    Tucuxi

    Tuxuci
    Tucuxi merupakan salah satu mobil listrik nasional. Purwarupanya dibuat oleh Danet Suryatama di Jogjakarta. Tanggal 5 Januari 2013, Tucuxi mengalami kecelakaan saat diuji coba oleh Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan.
    Mobnas Tenaga Listrik

    Untuk tahun 2014 Mobil Nasional Bertenaga Listrik dipersiapkan pemerintah dengan melibatkan 6 Universitas yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Politeknik Manufaktur Bandung. Sebetulnya kendaraan listrik telah memiliki sejarah yang panjang di negara ini. Beberapa warga negara sudah lama menggunakan sepeda motor listrik, baik untuk keperluan pribadi maupun usaha. Juga pada tahun 2007 telah terbentuk Komunitas Kendaraan Listrik Indonesia, bahkan mendahulu komunitas sejenis di negara-negara tetangga kita. Pada awalnya banyak petugas kepolisian yang heran dan menilang beberapa anggota, tetapi di antara anggota komunitas kemudian saling bertukar informasi dan akhirnya petugas kepolisian di berbagai wilayah pun memaklumi dan menerima keberadaan kendaraan ini. Dan usaha sosialisasi ini tidak berhenti hanya kepada kepolisian, tetapi juga hingga badan eksekutif maupun legislatif di negara kit