Setelah menginstall Windows-8 maka sekarang giliran untuk mendownload Ms-Office Professional 2013 dari website Microsoft

Access2013-buy
 
Yang menjadi perhatian adalah versi Office Professional 2013 karena mengikut sertakan program Access untuk membuat sebuah Relationship Database yaitu:
 


Menyimpan related data dalam beberapa Table terpisah
Setelah itu menentukan hubungan (Relationship) antara tables tersebut
Dilanjutkan dengan membuat Querries untuk menentukan penampilan
Diakhiri dengan pembuatan Input-FORM

 

Seperti diketahui perkenalan saya dengan program Access kurang lebih 15 tahun yang lalu ketika masih aktip di ABNAMRO Bank

Pertanyaannya : Apakah perbedaan Access 2013 dengan versi lawasnya
 
 
Access Templates

Apabila icon Access di klik maka anda akan disambut dengan jendela Access Template

Klik saja DesktopClientList atau Blank untuk create Database Prospek
Access-Templates
 

Sekarang muncul jendela dimana anda mengisi nama >>> ketik “Prospek” setelah itu klik Create
Acces2013-Prospek
 
Contact List akan terbuka dan anda dapat mulai mengisi dengan data dataAccess-ContactList
 
Fields
Kalau tidak suka dengan nama nama field maka klik saja File>View>DesignView dan mulai menambah/mengurangi field field yang diperlukan
 
Access2013-Fle-DesignView
 
Atau klik kanan Table >Contacts> Design viewdan mulai menambah/mengurangi field field yang diperlukan
Access2013-ContactListDesignView2


Letakkan kurser di posisi yang ingin ditambah fieldnya
Klik External data >Insert
ketik field yang diinginkan

 
Menambah gambar

Perhatikan field dengan nama “Attachement” Pada datasheet
Access 2013-FieldAttachement

klick kanan mouse pilih Manage Attachement …jendela berikut tampil ..klik Add
Access2013-InsertAttachement
 
Membuat FORM

Sekarang Pada Label Create pilih FORM
Tampilan Form-layout akan muncul untuk preview
Access2013-LayoutviewForm
 
Perhatian:

Karena telah melakukan “Relationship & Querries” maka pada contoh ini:


Table Nama & Alamat menjadi Main Form
Table Polis menjadi Sub-Form

 
Urutan membuat FORMS juga dipersingkat


Table
arrow3
Relationship & Querry
arrow3
Form + Sub-Form >> langsung dibuat Access

 
Bandingkan pada sistim lawas untuk membuat FORMS perlu urutan yaitu:


Tablearrow3
Relationshiparrow3
Query Kasar
arrow3
Joint
arrow3
Query Sempurna
arrow3
Forms & Sub-Forms

 
 
Berlanjut ……………….

 


 


 

 
Baca pula:
 
http://office.microsoft.com/en-us/access-help/training-courses-for-access-2013-HA104030993.aspx
 
http://office.microsoft.com/en-us/access-help/video-create-a-desktop-database-VA103973852.aspx?CTT=5&origin=HA104030993&videoId=01619090-f533-4a1c-a1f5-498b593c5a32&from=sharepermalink&src=v5:share:sharepermalink:
 
http://office.microsoft.com/en-us/access-help/video-the-backstage-VA104055405.aspx?CTT=5&origin=HA104030993&videoId=91d27410-f0eb-4562-b378-ead83b792941&from=sharepermalink&src=v5:share:sharepermalink:
 
https://intranet2012.wordpress.com/2013/04/29/windows-8-pro-64-bit-the-start-screen/
 
https://intranet2012.wordpress.com/2013/03/07/dual-boot-windows-7-dan-windows-8/