kentang
 
Kentang termasuk tanaman semusim, berumur pendek, dan berbentuk semak/perdu. Varietas kentang yang banyak ditanam di Indonesia adalah kentang kuning Varietas Granola, Atlantis, dan Cipanas. Kentang disukai orang untuk dikonsumsi sebagai makanan ringan. Tanaman kentang banyak dibudidayakan di dataran tinggi
 
Kentang merupakan tanaman misterius yang berkembang dibawah tanah dan baru mengetahui kwalitas hasilnya ketika panem.
Umbinya berkembang sesuai perkembangan kematangan bagian yang berada diatas tanah
 
Kentang sangat bermasalah dengan penyakit seperti serangga/cacing gelang

Potato_BeetleWireworm-Sweet-Potatoes
 
SYARAT PERTUMBUHAN

1. Iklim
 
Lahan

Harus ditanama dibawah matahi penuh dengan sedikit naungan
Curah hujan rata-rata 1500 mm/tahun, lama penyinaran 9-10 jam/hari, suhu optimal 18-21 °C, kelembaban 80-90% dan ketinggian antara 1.000-3.000 m dpl.
 
Tinggi tanaman

30 cm

Panen

2 – 4 bulan
Begitu bagian atas tanaman mati maka kentang dapat dipanen

2. Media Tanam
Struktur remah, gembur, banyak mengandung bahan organik, berdrainase baik dan memiliki lapisan olah yang dalam dan pH antara 5,8-7,0.
 
 
 
Penanaman
 
Wajib

Pilihlah lahan yang disinari matahari dengan irigasi yang baik, tanah gembur agar akar dan umbi kentang dapat tumbuh .

Ada beberapa cara penanaman:

Trench Method:

Cara tradisionil dengan membuat tanggul kira kira dengan kedalaman 6inchi dan meletakkan bibit kentang dibagian dasar tanggal dengan mata tunas menghadap keatas …setelah itu timbun kentang dengan tanah …mengikuti pertumbuhan tanaman maka tanah diratakan keatas disamping tanaman dengan tujuan agar tanah tetap gembur dan menghindari umbi kentang dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan warna berubah hijau dan berracun …anda dapat berhenti menambah ketinggian tanah apabila tanaman mencapai tinggi 4-6 inci serta mulai keluar bunga

Scatter Method

Disini bibit kenang disebar ketanah dan ditimbun dengan jerami setengah busuk
Tidak dianjurkan apabila ada masalah tikus

Container Method

Sebarkanlah bibit kentang didalam tong sampah dengan media tanah setinggi 6 inci Tambahkan media tanah seiring perkembangan tanaman

Pemeliharaan

Bibit kentang memerlukan cukup air …1 inci/minggu
 
Karena tanaman kentang tidak memerlukan persemaian, maka setelah memilih bibit yang baik dan disimpan dengan cermat, maka kemudian akan muncul titik-titik tumbuh. Hal ini menjadi pertanda bahwa bibit sudah bisa ditanam. Bibit bisa langsung ditanam ditempat yang telah dipersiapkan.
Yang harus dikerjsakan terlebih dahulu dalam penanaman, yaitu membuat lubang-lubang tanaman berupa alur-alur silang. Kemudian, pada titik pertemuan sialang itulah nantinya bibit kentang ditanam.

Agar pertumbuhan tanaman dapat sempurna, maka jarak tanaman harus diatur sebagai berikut:
 
Kentang-tanam
 

  • Jarak antara baris 50-65 cm
  • Jarak tanam di dalam baris 30-40 cm
  • Dalamnya tanaman masuk ke tanah 5-10 cm
  •  
     
     
     
     
     
     
     
    Pembibitan
     
    3 cara untuk mengurangi masalah

    1.Beli bibit bersertifikat bebas penyakit … menanam kentang yang dibeli di toko sanga berisiko yaitu selain penyakit biasanya disemprot obat untuk menghindari pertumbuhan tunas

    2.Tanamlah dilahan yang ber Ph 5.0 dan 6.0…..Kentang yang ditanam dilahan yang ber Ph tinggi biasanya kena penyakit “scab” yang membuat bercak bercak kasar pada kentang … dengan menambah kompos dapat membantu

    3.Jangan menanam dilahan bekas tanaman tomat karena dapat menarik hama yang sama
     
    – Umbi bibit berasal dari umbi produksi berbobot 30-50 gram, umur 150-180 hari, tidak cacat, dan varitas unggul. Pilih umbi berukuran sedang, memiliki 3-5 mata tunas dan hanya sampai generasi keempat saja. Setelah tunas + 2 cm, siap ditanam.
    – Bila bibit membeli (usahakan bibit yang bersertifikat), berat antara 30-45 gram dengan 3-5 mata tunas. Penanaman dapat dilakukan tanpa/dengan pembelahan. Pemotongan umbi dilakukan menjadi 2-4 potong menurut mata tunas yang ada. Sebelum tanam umbi direndam dulu menggunakan POC NASA selama 1-3 jam (2-4 cc/lt air).

    Pengolahan Media Tanam

    Lahan dibajak sedalam 30-40 cm dan biarkan selama 2 minggu sebelum dibuat bedengan dengan lebar 70 cm (1 jalur tanaman)/140 cm (2 jalur tanaman), tinggi 30 cm dan buat saluran pembuangan air sedalam 50 cm dan lebar 50 cm.
    Natural Glio yang sudah terlebih dahulu dikembangbiakkan dalam pupuk kandang + 1 minggu, ditebarkan merata pada bedengan (dosis : 1-2 kemasan Natural Glio dicampur 50-100 kg pupuk kandang/1000 m2).
     
    http://stockistnasa.com/distributor/
     

    natural-glio-nasa-300x210Natural GLIO (Gliocladium) adalah salah satu produk pestisida organik pengendali penyakit tanaman dari PT. Natural Nusantara. Natural GLIO dapat digunakan untuk menghancurkan inokulum atau sumber infeksi penyakit bagi tanaman serta mencegah penyebaran sumber infeksi penyakit dengan kolonisasi tanah. Pestisida organik dari Nasa ini juga mampu melindungi akar-akar tanaman dan perkecambahan biji dari sumber infeksi penyakit pada tanaman. Penggunaan Natural Glio ini aman bagi lingkungan, manusia serta hewan.
    Potatoes don’t like a particularly rich soil. If you have a good amount of organic matter in the soil and the pH is good, the potatoes should be happy. What they do rely on is
    Mekanisme Kerja Natural Glio

    Natural GLIO Nasa memiliki sifat Hiperparasit terhadap penyakit tanaman (pathogen), sehingga dapat terjadi persaingan tempat hidup dan nutrisi dalam tanah. Natural GLIO akan mengeluarkan zat antibiotik berupa Gliovirin dan Viridin. Zat antibiotik ini akan mematikan pathogen penyebab penyakit pada tanaman. Natural GLIO ini akan berkembang terus-menerus mengkolonisasi sehingga dapat melindungi tanaman dari gangguan pathogen.

    Tanaman Sasaran

    Bawang merah, Bawang daun, Cabai, Tomat, Terong, Kubis, Semangka, Melon, dan lain-lain.

    Catatan :

    GLIO terutama bersifat prefentif (pencegahan)
    GLIO terutama mengendalikan penyakit yang berada di tanah

     
    Pemupukan

    Saat penanaman(per 10 umbi) :

  • Za: 30gr
  • Sp36: 25gr
  • KCi: 25gr
  • pupuk kandang: 2 gr
  •  
    Umur 35 hari : 25 gr urea >> berjarak 5cm dari tanaman
     
    Penyiraman

    Tanaman kentang idak menghendaki kekeringan, meskipun sangat peka terhadap air yang berlebihan, terutama air yang menggenang. Jika terlalu kering, maka suhu tanah akan menjadi panas dan kelembabannya turun. Umbi kentang memerlukan suhu dingin dengan kelembaban yang tinggi.

    Pada tanah yang suhu dan kelembabannya tidak stabil, tanaman kentang akan menghasilkan umbi yang bentuknya tidak menarik dan benjol-benjol.

    Penyiraman kentang harus diperhatikan, terutama bila tidak turun hujan. Apalagi pada musim kemarau.
     
    Pendangiran dan Penyiangan

    Setelah tanaman kentang berumur kira-kira satu bulan, maka perlu dilakukan pendangiran. Yakni, tanah disekitar tanaman perlu digemburkan agar peredara udara menjadi lancer. Dengan demikian, pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik,. Rumput-rumput yang ada di sekitar tanaman juga perlu dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman kentang.

    Proses penggemburan juga disertai dengan peniggian gundukan tanah atau bedengan agar umbi tanaman selalu terkubur. Umbi kentang yang tidak tertutup tanah akan berwarna hijau dan kualitasnya rendah.

    Pembumbunan

    Setelah tanaman kentang berumur 3-4 minggu, maka perlu dilakukan pembumbunan, yakni proses peninggian tanah. Pembumbunan akan memberikan keuntungan bagi tanaman, antara lain:

    Akan merangsang pembentukan akar baru sehingga umbi kentang yang dihasilkan bisa semakin banyak.
    Membantu perkembangan umbi
    Memperkokoh berdirinya batang

    Tetapi, perlu diperhatikan bahwa pembumbunan yang dilakukan tidak boleh terlalu tinggi karena bisa mengganggu pernapasan tanaman kentang di dalam tanah.
     
    Pengendalian Penyakit:

  • Ulat memakan daun hingga habis – potong daun yng ada telur – Semprot dengan pestisida
  • Daun berwarna merah tua dan ada jalinan seperti benang berwarna kelabu – umbi dimakan penggerek – Semprot dengan pestisida
  • Ujung daun ada bercak bercak putih – pangkas daun – Semprot dengan pestisida
  •  
    Baca Pembahasan di :
    http://bestbudidayatanaman.blogspot.com/2012/12/Budidaya-Kentang-Budidaya-Tanaman-Kentang-dan-Cara-Menanam-Kentang.html
    http://gardening.about.com/od/vegetables/p/Potatoes.htm?nl=1