Jamur Tiram2jamur tiram-Pleurotus_ostreatus_JPG6Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk.Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu.Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini, substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya.

Secara alami, jamur tiram Pleurotus ditemukan di hutan dibawah pohon berdaun lebar atau di bawah tanaman berkayu.[4] Jamur tiram tidak memerlukan cahaya matahari yang banyak, di tempat terlindung miselium jamur akan tumbuh lebih cepat daripada di tempat yang terang dengan cahaya matahari berlimpah.[4] Pertumbuhan misellium akan tumbuh dengan cepat dalam keadaan gelap/tanpa sinar.
 
 
 
Manfaat

Menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda

Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.

Mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan.[

Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi.

Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan.

USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram.Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol.[

Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.
 
Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamut tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu

Media tanam Pleurotus ostreatus yang digunakan adalah jerami yang dicampur dengan air, dedak 10% dan kapur 1%.[16] Fungsi dari jerami adalah sebagai bahan dasar dari pertumbuhan jamur.

  • Jerami mengandung lignin, selulosa, karbohidrat, dan serat yang dapat didegradasi oleh jamur menjadi karbohidrat yang kemudian dapat digunakan untuk sintesis protein
  • Air pada jerami berfungsi sebagai pembentuk kelembapan dan sumber air bagi pertunbuhan jamur
  • Dedak dan kapur merupakan bahan tambahan pada media tanam Pleurotus ostreatus.Dedak ditambahkan pada media untuk meningkatkan nutrisi media tanam, terutama sebagai sumber karbohidrat, karbon, dan nitrogen
  • Kapur merupakan sumber kalsium bagi pertumbuhan jamur.[5] Selain itu juga kapur berfungsi untuk mengatur pH media pertumbuhan jamur
  •  
    Metode budidaya

    Menggunakan substrat jerami dengan tahapan sebagai berikut:

    1) Memotong jerami menjadi berukuran 1-2 cm.[5] Rendam jeraminya selama semalaman. Setelah itu, ditiriskan airnya sebelum ditambahkan dedak 10% dan kapur 1% sebagai zat hara pertumbuhan jamur.
    2) Semua bahan diaduk rata dan campuran bahan tadi dimasukkan ke dalam plastik yang tahan panas hingga terisi 2/3 bagian.Baru kemudian dipadatkan (dipukul-pukul dengan botol kaca)
    3) Setelah cukup padat, leher plastik bagian atas dimasukkan pipa paralon dan dibagian tengah media subtrat diberi lubang dan ditancapkan tips
    4) Selanjutnya ditutupi dengan kapas lalu media substrat dilapisi dengan kertas dan diikat dengan karet

    Media tersebut disterilisasi pada 121˚C selama 20 menit di dalam autoklaf untuk memastikan bahwa tidak ada kontaminan yang tumbuh yang mungkin akan mengganggu pertumbuhan jamur.
    Setelah steril, media substrat dibuka secara aseptis, lalu tips di tengah-tengah media dan kapas diambil dengan pinset steril. Lubang yang terbentuk diisi dengan bibit jamur tiram yang ditumbuhkan pada biji sorgum pada botol (aseptis). Lalu media ditutup kapas lagi dan dibungkus dengan kertas.
    Media substrat diinkubasi pada suhu ruang selama beberapa minggu hingga tumbuh miselium. Setelah tumbuh miselium, kapas pada media dibuang dan media dibiarkan terbuka.Semprotkan air setiap hari pada tempat pertumbuhan jamur agar kondisi sekitar lembap dan mendukung pertumbuhannya.
    Tubuh buah jamur akan tumbuh secara perlahan-lahan ketika media lembap dalam waktu sekitar 1 bulan lebih ..Tubuh buah yang sudah cukup besar diambil dan ditimbang untuk diamati pertumbuhannya setiap minggu.
     
    Berikut ini cara murah meriah untuk home-industri
     

     

     

     


     
     
     
    Tempat penjualan

    Jakarta

    MUSAGA Training Jakarta menawarkan Paket training Mandiri Budidaya Jamur Tiram, terdiri dari : VCD, Modul, Bibit F2/F3, anda akan dibimbing secara jarak jauh mulai dari pembiakan F2, F3 dan F4 sampai pada tahap panen dan pemasaran oleh ahli Jamur kami untuk info lebih lanjut kontak : email : pinter_jamur@yahoo.co.id atau 0813 8197 7962 dengan Mochtar Gayo.
     
    Jual Bibit Jamur Tiram, Jamur Kuping Murah — Bogor

    Rp 2.000
    Harga
    13 Okt 2010
    Tanggal Terpasang
    Rincian iklan

    Jual berbagai jenis bibit JAMUR,hasil budi daya Petani Indonesia, baik yang basah maupun yang dikeringkan

    Jual bagLog siap panen / sudah putih. maksimal 2 minggu keluar jamur. Harga terjangkau barang memuaskan. ..Harga Rp. 2.000 / baglog, dibawah 30 km kami kirim GRATIS.. pembelian diatas 2000 buah akan kami berikan harga khusus

    Kami juga melayani pelatihan budi daya jamur hanya Rp. 1.250.000, (diluar transport) – kami akan datang ke tempat anda memberikan rahasia sukses budi daya jamur dan penjualannya.

    Gratis konsultasi via email.

    Ghani – Bogor Jawa Barat

    08979673057