Daerah penyebarannya

Semut RanggrangOecophylla_range_map

 

Koloni semut terdiri atas

 
semut-rangrang-mulai-dari-tau-sampai-ke-prajurit

 

Sarang semut

 
Secara berkelompok semut rangrang menjahit sarangnya … karena itu dinamakan weaver ant..
 

semut-rangrang-membangun-sarang-dengan-melipat-dan-merajut-daun-daun-menggunakan-benang-sutera-yang-dihasilkan-oleh-larvanya
Saat yang paling tepat untuk mulai menempatkan semut rangrang adalah pada musim penghujan karena semut sangat aktif sehingga dapat membangun sarang baru dalam waktu singkat, kadang-kadang kurang dari 1 jam. Mereka ingin cepat melindungi dirinya dari terpaan hujan.

Pada bagian pohon yang manakah sarang-sarang sebaiknya di tempatkan? Di puncak, di tengah atau bagian bawah pohon? Pada musim kemarau, semut-semut tidak suka tinggal pada bagian atas pohon karena di sana terlalu panas; pada saat seperti itu sarang sebaiknya ditempatkan pada bagian tengah pohon. Hal ini juga berlaku pada saat hujan lebat.
Menempatkan sarang semut rangrang pada pohon yang dihuni semut hitam memerlukan strategi. Strategi yang digunakan melibatkan prajurit semut rangrang (a), membebaskan semut hitam (b) dan akhirnya menempatkan sarang semut rangrang (c).
 
Ratu semut

  • Dalam tiap koloni yang terdiri dari satu atau beberapa sarang dapat ditemukan satu atau beberapa ekor ratu semut.
    Berukuran 20-25 mm, berwarna hijau atau coklat, bertugas untuk menelurkan bayi-bayi semut.
  • Pada musim kering, dalam tiap-tiap sarang terdapat seekor ratu semut
  • Sedangkan pada musim penghujan terdapat dan lebih dari seekor semut ratu, ratu semut beserta sarangnya lebih banyak ditemukan pada musim penghujan dibandingkan dengan musim kemarau karena pada musim penghujan cukup tersedia makanan dan tanaman untuk membuat sarang.
  • Tanpa adanya ratu semut, koloni baru tidak dapat terbentuk. Semakin banyak sarang yang ditempatkan akan semakin banyak peluang keberhasilan terbentuknya koloni baru.

    • Ratu dengan warna hijau dan mempunyai sayap . Bentuk tubuh yang lebih besar. Itulah calon ratu yang belum kawin. Jadi dia belum bisa bertelur.
    • Untuk ratu semut rangrang yang tidak mempunyai sayap cenderung berwarna hitam. Ratu ini sudah mengalami perkawinan. Artinya ratu ini akan siap mengeluarkan telur dan memproduksi selamanya.

    Apakah ratu semut rangrang bisa kita campur dan di satukan kedalam tempat toples yang berbeda koloni

    Pertanyaan yang pernah timbul di benak mas bro ketika pertama kali ber eksperimen ternak atau budidaya kroto. Setelah mas bro coba memindahkan ratu semut rangrang, apa yang terjadi ratu semut rangrang di sambut dengan senang dan di kerumuni oleh semut yang ada.
    Kecuali Untuk calon ratu gak usah di bawa, karena apa? percuma saja pasti akan di hajar sampai mati apabila di campur dengan berbeda koloni.

    Sarang yang ditempatkan harus berasal dari koloni yang sama, itu pun kadangkadang semutnya masih bisa saling serang. Meskipun demikian, cara yang paling baik adalah mengambil beberapa sarang dari satu pohon atau dari beberapa pohon di tempat-tempat yang tidak terganggu.

    Banyak ditemukan pada tempat-tempat yang tidak terganggu. Mereka menyukai tempat yang aman untuk meletakkan telur. Coba perhatikan, ratu semut jarang ditemukan pada tempattempat yang sering anda lalui atau anda gunakan untuk bekerja di kebun, karena di tempat-tempat itu mereka merasa terganggu. Mereka akan berpindah ke tempat lain yang lebih aman. Ratu semut umumnya berada pada sarang yang tidak terlalu kecil, dengan daun-daun yang masih segar dan hijau. Apabila daun-daun pembentuk sarangnya mengering, sebagian semut bahkan ratunya akan meninggalkannya dan berpindah ke sarang baru.
    Ratu semut ini pada mulanya mempunyai sayap seperti halnya semut jantan, tetapi setelah kawin sayapnya lepas.
    Untuk mendapatkan sarang yang terbaik, maka pilihlah sarang berukuran sedang sampai besar yang masih ada daun-daun segarnya. Apabila daun sudah menua dan menjadi kering, semut-semut akan meninggalkan sarang.

    Sekedar untuk informasi menurut penjual kroto bahwa produksi telur ratu atau ratu semut rangrang akan banyak di bulan puasa. Ternyata betul setelah survey langsung ke tkp di mana mana di penuhi telur ratu dan calon ratu (bersayap). Tentunya kroto yang di beli akan bercampur dengan telur ratu semut rangrang
     
    Telur semut (kroto)
     
    Harga kroto sekarang sudah mencapai kurang lebih Rp.180.000/kg, tergantung pada musim “kata penjual kroto”. Apalagi kalau musim penghujan, kroto ini sangat langka dan harganya bisa melambung tinggi.

     
    Semut-rangrang-telur
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
    Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah

    1 Sarung tangan
    Untuk apa sih sarung tangan. Supaya kulit kita tergigit secara langsung

    2. Tepung pati
    Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.

    3 Ember (2)
    satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat kroto.

    3. Batang kayu kecil / sapu lidi
    untuk merobek jaring putih.,atau sobat bisa gunakan langsung memakai tangan ( sudah terlindungi sarung tangan+ tepung )

    Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek. kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples. Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang .Begitu seterusnya.
     
     
    Semut jantan

    Semut jantan lebih kecil daripada ratu semut, berwarna kehitamhitaman dan hidupnya singkat. Setelah mengawini ratu ia mati. Di laboratorium semut jantan dapat hidup selama 1 minggu, sedangkan ratu semut dan semut pekerja dapat hidup beberapa bulan.

    Semut pekerja

    Adalah semut betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda.
    para pekerja akan memindahkan telur-telur itu ke tempat yang terlindung, membersihkannya, dan memberi makan larva-larva halus jika telah menetas

    Semut prajurit
    Semut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya serta membangun sarang. Selain tugas-tugas tersebut, masih ada lagi yang harus dilakukan oleh prajurit. Pernahkah anda melihat ketika sarangnya terganggu ? Mereka membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke tempat aman. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat meletakkan telur seperti ratu semut.

    Manfaat Semut Rangrang

    Bagi para petani, semut rangrang itu cukup berguna sebagai pembasmi dan pengendali hama tanaman. Semut rangrang dapat membunuh hama tanaman yang menyebabkan tanaman para petani itu tumbuh dengan baik. Siapa sangka, semut rangrang yang cukup ditakuti keberadaannya ini ternyata bermanfaat juga
    Jika diamati dengan seksama, semut rangrang dapat mengganggu, menghalangi atau memangsa berbagai jenis hama seperti kepik hijau, ulat pemakan
    daun, dan serangga-serangga pemakan buah. Populasi semut rangrang yang tinggi dapat mengurangi permasalahan hama tungau, pengorok daun dan penyakit ’greening” pada kebun jeruk.

    Semut rangrang diketahui juga dapat melindungi Eucalyptus dan pohon-pohon kayu lainnya. Semut ini dapat mengendalikan sebagian besar hama pada tanaman jeruk dan mete, melindungi tanaman kelapa dan coklat dari serangan kepik, sehingga meningkatkan mutu dan jumlah hasil panen. Semut rangrang juga dapat menghalangi serangan tikus. Bukankah itu sesuatu yang mengagumkan?

    Makanan Semut Rangrang

    Tujuan awal memelihara semut adalah untuk menjaga kebun, tetapi akibat kesalahan pemelihara akhirnya mereka menjadi malas.

    Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemeliharaan maka perlu dilakukan pengamatan secara seksama untuk mengetahui saat yang tepat dalam memberikan makanan kepada mereka. Pada musim kering makanan menjadi hal yang langka, maka saat seperti inilah waktu yang tepat untuk memberikan makanan. Apabila tidak diberi makanan, semut-semut tersebut akan berpindah atau populasinya menurun. Makanan dapat diberikan dua atau tiga kali setahun, jangan terlalu sering.

    Makanan yang diberikan dapat berupa usus ayam atau sepotong kecil ikan. Untuk menjaga agar semut-semut tetap tersebar di kebun, maka makanan harus ditempatkan pada beberapa tempat.
    Cara memberi makan semut dengan pemberian usus dan daging lainnya
    Semut-Rangrangcara-memberi-makan-semut-dengan-pemberian-usus-dan-daging-lainnya
    Makanan Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lain, semut jenis ini lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga. Semut rangrang aktif mencari makanan dan membawanya ke dalam sarang untuk seluruh anggota sarang tersebut. Mereka memangsa berbagai jenis hama, misalnya ngengat yang aktif pada malam hari maupun yang bersembunyi di bawah daun pada siang hari
    Selain butuh protein, semut rangrang memerlukan makanan tambahan berupa gula. Untuk mendapatkan gula, semut rangrang lebih suka mencari cadangan gula seperti embun madu (yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan tanaman) atau nektar. Embun madu tersebut diperlukan sebagai energi tambahan pada periode awal pembangunan sarang.
    Maka, ketika membangun sarang, semut rangrang mencari daun-daun muda yang dihuni oleh serangga penghasil embun madu dan memasukkannya ke dalam sarang
     
    Manfaat membudidayakan semut rangrang

    Banyak manfaat yang akan kita peroleh apabila kita memelihara semut rangrang, di antaranya :

    1.Sebagai pengendali hama tanaman tertentu, sehingga anda tidak perlu membeli insektisida untuk membasmi kutu daun.
    2.Digunakan sebagian para pemancing dan nelayan sebagai umpan ikan
    3.Sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan ketrampilan burung berkicau
    4.Membantu penyerbukan jenis tanaman tertentu
    5.Dapat membantu menjaga kebun

    Langkah-langkah BUDI DAYA / BUDIDAYA SEMUT RANGRANG / semut merah penghasil kroto.

    Ratu semut meletakkan telur di dalam sarangnya. Telur itu sangat kecil dan berbentuk elips, berukuran kira-kira 0.5 mm x 1 mm. Telur menetas menjadi larva yang berukuran 5-10 kali lebih besar. Bentuk larva dan telur sangat mirip, yaitu menyerupai ulat. Telur dan larva hanya dapat
    dibedakan dengan kaca pembesar. Pada larva sudah terbentuk mata dan mulut sedangkan pada telur kedua organ itu belum ada. Larva calon ratu berkembang dengan baik karena diberi makan secara khusus dan rutin oleh semut pekerja yang berukuran lebih kecil. Selama masa pertumbuhannya, larva mengalami beberapa kali ganti kulit, seperti ular.

    Setelah beberapa kali ganti kulit, maka larva berkembang menjadi pupa. Pupa menyerupai semut dewasa karena sudah mempunyai kaki, mata, mulut dan sayap1, tetapi warnanya masih putih dan tidak aktif. Selanjutnya, pupa akan menjadi semut dewasa yang berubah warna sesuai dengan kastanya.

    Cara ke-1
    Semut-Telur
    1.langkah pertama adalah kita cari sarang ratu SEMUT RANGRANG / semut merah penghasil KROTO. Perlu kerja keras untuk mengerahui satu per satu sarang SEMUT RANGRANG / semut merah untuk menemukan sang ratu. Begitu kita temukan, potong cabang tempat semut bersarang dan kita letakkan ke pohon inang baru. Agar mereka cepat nyaman di tempat baru, suguhi dengan bangkai serangga dan cairan manis. Secara alaminya, SEMUT RANGRANG / semut merah penghasil KROTO dapat menghasilkan hingga 1 kg KROTO dalam 10 hari.

    2.Peran manusia dengan menyediakan cairan manis, bangkai hewan-hewan kecil, tulang atau sisa makanan berdaging lainnya akan meningkatkan produksi. Sarang atau koloni SEMUT RANGRANG / semut merah penghasil KROTO di dalam satu pohon bisa mencapai lebih dari satu, yang terdiri atas sarang pusat, sarang telur, dan sarang satelit. Sarang pusat biasanya terletak di tajuk pohon. Di sarang pusat ini berdiam ratu semut, yang jumlahnya mencapai 2-6 ekor per koloni. Ratu semut berukuran paling besar. Sarang telur, berukuran sedang, merupakan tempat telur dan larva semut. Sarang satelit tersebar di tempat-tempat tertentu di pohon sebagai pos terdekat gudang makanan. Ini salah satu cara bertahan dari pengganggu atau musuh
     
     
     
    Cara ke-2
    Pergi ke tempat penjualan kroto dan beli 1 kg kroto atau beli 1 ratu dan campurkan saja dengan sembarang koloni semut rangrang
    Yang jelas, tidak menggunakan kroto yang sudah dipajang di warung, apalagi yang sudah bau…

    Karena ratu bagi si penjual kroto gak di butuhkan. yang di butuhkan adalah kroto untuk di jual. Tahu sendiri seperti telur yang besar(calon ratu) dan ratu bahkan di buang

    sarang kroto toples

    • Gunakan toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto (intinya lubang tidak bisa untuk keluar ratu yang dapat terbang karena bersayap) .. Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring.
      Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya.
    • Sediakan nampan dan isi dengan air + dasar untuk stoples >> bata dsb
    • Taruh stoples dan diatas dasar tersebut >> semut terhalang air
    • Taruh kroto dalam stoples dan tunggu muncul rangrang yang bersayap >> ratu

    Perhatian : Berdasarkan pengamatan saya sendiri. Ternyata telur atau larva tidak semuanya akan di supply makanan oleh semut pekerja. Mereka akan memilih beberapa untuk di jadikan ratu. Ada syarat dan kriteria khusus kali ya jika ingin jadi ratu. Jadi untuk telur yang tidak di beri makan akhirnya akan menjadi kering dan mati

    Memberi makanan
    Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan … lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan

    Untuk protein bisa kita berikan jangkrik, cicak, kecoa, ulat hongkong ,ulat kandang , belalang, tulang ikan, tulang ayam, tulang sapi dan sisa sisa makanan yang lain. Kemudian untuk kandungan gula bisa di berikan air lalu kita beri gula yang sedikit kental.

    Makanan semut rangrang tidak harus kita beri makan setiap hari. Kalau kebanyakan makanan yang di sediakan nantinya malah gak di makan dan di buang. Selalu berikan makanan yang variatif jangan satu macam.
    Dan untuk minuman jangan sampai terlambat. Apabila tidak ingin repot kasih saja minuman yang banyak di tempat yang lebih besar. Jadi setiap hari tidak perlu isi ulang.
     

    Tolong Keluarkan AKU
     
    animated-gifs-ants-44
     

    Memperbanyak Kroto

    1. memperbanyak koloni semut rangrang

    sebelum memperbanyak jumplah kroto yang di hasilkan, langkah yang perlu dilakukan adalah memperbanyak jumlah koloni semut rangrang yang sudah ada. selain nanti untuk memperbanyak jumlah kroto, langkah ini di maksudkan juga untuk regenerasi semut rangrang,agar tidak terjadi kepunahan semut rangrang yang kita ternak. memperbanyak koloni semut rangrang dapat dilakukan dengan pemberian makan yang lebih banyak ( tidak berlebihan ) dan menunda hasil panen kroto.

    2.pembuatan koloni baru

    pembuatan koloni baru ini dengan sendirinya akan dilakukan oleh semut rangrang karena jumlah semut rangrang yang ada mulai tidak muat menempati rumah semut rangrang yang digunakan untuk berternak semut rangrang. selain itu juga semut rangrang yang baru biasanya mulai membuat koloninya sendiri saat telur kroto dari ratu koloni yang sudah ada mulai berkurang. pada saat ini kita harus menyiapkan rumah koloni yang baru.

    3. pembuatan rumah koloni yang baru

    pembuatan rumah koloni yang baru bisa disesuaikan dengan rumah koloni yang lama,karena koloni semut rangrang yang baru terbiasa dengan bentuk rumah koloni semut rangrang yang lama. usahakan rumah koloni semut rangrang yang baru berjauhan dengan rumah koloni semut rangrang yang lama. karena saat bertemu lain koloni, semut rangrang akan saling bertengkar sampai mati dan ini akan merugikan anda sendiri jika sampai terjadi. usahakan juga jimplah makanannya selalu di lebihkan, karena jumlah krot yang di hasilkan akan semakin banyak dan semut rangrang tidak begitu agresif. semakin banyak koloni yang ada, otomatis
     
    Pemasaran.

    Menjual kroto tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Cukup datang ke kios penjual pakan burung kami yakin kroto anda akan terbeli. Karena sampai saat ini jumlah permintaan produk yang satu ini masih tinggi dan keberadaannya belum bisa digantikan oleh produk lain. Di samping itu juga para konsumen produk ini tergolong kelas menengah ke atas sehingga keberadaannya akan diburu berapapun harga yang di tawarkan.

    Menjual kroto yang larva nya masih hidup lebih tinggi daripada kroto yang sudah dikeringkan. Akan tetapi larva kroto hidup hanya bisa disimpan hidup selama dua-tiga hari, ada juga yang menjual kroto yang dikeringkan oleh para pengumpul. Kroto kering ini bisa disimpan selama enam bulan, tetapi harga jualnya hanya setengah harga larva hidup. Jalur pemasaran biasanya para pengumpul kroto menjual krotonya ke pedagang, kemudain dari pedagang kroto ini akan dijual lagi ke pengecer kecil. Nah kalau mau untung besar maka jalur ini bisa kita perpendek dengan menjual kroto kita langsung ke pengecer. Keuntungannya adalah kroto cepat terdistribusi dan harganyapun lebih mahal
    Anda dapat mengcopy isi artikel ini sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan sumbernya :

    http://www.sentralternak.com
    http://omkicau.com/2011/04/14/ulat-mengganas-stop-perburuan-kroto-mulailah-menangkarkan-kroto-bisa/
    http://rajakroto.blogspot.com/
     
    Berlanjut ke: https://intranet2012.wordpress.com/2012/11/30/cara-budidaya-ikan-gurame/