Bermacam variant cacing tanah
 

 

  • Sebagai invertebrate tidak memiliki rangka akan tetapi berupa tabung yang bterdiri dari ruas ruas yang terisi dengan cairan yang berfungsi sebagai hydro-skeleton.
  • Cacing tanah merupakan makhluk yang telah hidup dengan bantuan sistem pertahanan mereka sejak fase awal evolusi, oleh sebab itu mereka selalu dapat menghadapi invasi mikroorganisme patogen di lingkungan mereka.
  • Penelitian yang telah berlangsung selama sekitar 50 tahun menunjukkan bahwa cacing tanah memiliki kekebalan humoral dan selular mekanisme.
  • Selain itu telah ditemukan bahwa cairan selom cacing tanah mengandung lebih dari 40 protein dan pameran beberapa aktivitas biologis sebagai berikut: cytolytic, proteolitik, antimikroba, hemolitik, hemagglutinating, tumorolytic, dan kegiatan mitogenic.
  •  

    Cairan dari selom foetida Eisenia Andrei telah diteliti memiliki sebuah aktivitas antimikroba terhadap Aeromonas hydrophila dan Bacillus megaterium yang dikenal sebagai patogen cacing tanah.
    Setelah itu diperoleh dua protein, bernama Fetidins, dari cairan selom cacing tanah dan menegaskan bahwa aktivitas antibakteri ini disebabkan karena fetidins.

    Lumbricus rubellus juga memiliki dua agen antibakteri bernama Lumbricin 1 dan Lumbricin 2.
    Baru-baru ini, dua jenis faktor antibakteri yang mempunyai aktivitas seperti lisozim dengan aktivitas hemolitik serta pengenalan pola protein bernama selom cytolytic faktor (CCF) telah diidentifikasi dalam foetida Eisenia cacing tanah.[rujukan?] Lysenin protein yang berbeda dan Eisenia foetida lysenin-seperti protein memiliki beberapa kegiatan yang diberikan cytolytic hemolitik, antibakteri dan membran-permeabilizing properti.

    Protein yang dimiliki oleh cacing tanah memiliki mekanisme antimikroba yang berbeda dengan mekanisme antibiotik.
    Antibiotik membunuh mikrorganisme tanpa merusak jaringan tubuh. Antibiotik membunuh mikroganisme biasanya dengan dua cara, yaitu dengan menghentikan jalur metabolik yang dapat menghasilkan nutrient yang dibutuhkan oleh mikroorganisme atau menghambat enzim spesifik yang dibutuhkan untuk membantu menyusun dinding sel bakteri.
    Sedangkan, mekanisme yang dilakukan oleh protein yang dimiliki oleh cacing tanah adalah dengan membuat pori di dinding sel bakteri.
    Hal ini menyebakan sitoplasma sel bakteri menjadi terpapar dengan lingkungan luar yang dapat mengganggu aktivitas dalam sel bakteri dan menyebabkan kematian. Dengan cara ini, bakteri menjadi lebih susah untuk menjadi resisten karena yang dirusak adalah struktur sel milik bakteri itu sendiri.
     
    Cara berkembang biak

    Cacing tanah = hermaphrodite… yaitu mempunyai 2 alat reproductive .. jantan & betina dan ke-2 nya berada dalam sebuah kantong

    Ada 2 atau 4 pasangan seminal vesicles yang membuat, menyimpan dan melepaskan sperma jantan liwat pori pori jantan
    Ovaries dan oviducts (telur) terdiri dari segment 13 segment yang dilepaskan liwat pori pori betina pada segmen 14.
    Satu atau lebih pasangan spermathecae tersedia (tergantung variantnya) berupa kantong internal yang menerima – menyimpan sperma dari cacing tanah lain pada saat prkawinan … beberapa variant mengunakan external spermatophores.

    Beberap saat setelah perkawinan .. jauh hari setelah cacing tanah berpisah maka clitellum mengeluarkan sebuah kokon berbentuk sebuah lingkaran cincin mengelilingi cacing tanah tersebut.
    Cacing tanah lalu melepaskan cincin tersebut dari badannya (mneggeser ke belakang> dan mengisinya dengan telurnya dan sperma cacing lainnya kedalamnya
    Ujung dari tutup kokon akan membentuk sebuah inkubator seperti buah lemon dimana embryo cacing tanah akan tumbuh .. Anak cacing kecil sempurna akan muncul kecuali alat reproduksi yang akan tumbuh setelah 60 – 90 hari. Dalam waktu 1 tahun atau lebih cepat maka anak cacing akan tiumbuh menjadi cacing dewasa full size .

    Masa hidup

    diperkirakan 4 sampai 8 tahun …Variant yang hidup dikebun satu atau dua tahun
     
    Cacing tanah dibagi atas 3:

    (1) Pemakan daun/compost : Eisenia fetida;
    (2) Cacing permukaan tanah (endogeics);
    (3) Cacing anecic (muncul kepermukaan) yang membuat trowongan dalam serta muncul dipermukaan tanah untuk mendapatkan daun g :Lumbricus terrestris

    cacing Lumbricus rubellus bukan cacing yang ada ditanah meskipun sekilas sepertinya sama, yang ada ditanah biasanya cacing tanah/ cacing susu, cacing kalung, cacing liar
     
    Kegunaan cacing tanah
     
    Cacing tanah bergerak dibawah tanah dengan cara kontraksi otot yang memendekan dan memanjangkan tubuhnya
    Dengan setae (cakar cakar kecil disepanjang ruas) maka bagian yang dipendekan akan berlaku sebagai jangkar pada tanah disekelilingnya
    Kecuali ruas ke-1, terakir dan clitellum maka semua ruas mempunyai setae cincin berbentuk S pada bagian epidermal (perichaetine)

    Lubrication Mucus membantu cacing selagi menggali trowongan… Bila terganggu cacing dapat membuat suara mendeguk ketika menggali dalam trowongan yang telah dilumasi.
    Sebagai biological “pistons” mereka memaksakan udara bergerak dalam terowongan … Aktivitas cacing tanah selain mencampur juga mengisi tanah dengan udara ..hal itu memberi mineral dan nutrisi bagi tanaman … beberapa variant akan memakan konsentrasi dari organik matter yang terdapat pada permukaan tanah dan mencampurkannya dengan mineral soil.

    Berhubung tingkat aktivitas percampuran organic matter meningkatkan kwalitas kesuburan tanah maka keberadaan cacing tanah sangat membantu para petani

    Menurut para ahli cacing Lumbricus Rubellus mengandung kadar protein sangat tinggi sekitar 76%. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan daging mamalia (65%) atau ikan (50%).
    Beberapa penelitian telah membuktikan adanya daya antibakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus dan Salmonella thyp,

    Dari berbagai sumber para ahli dan pakar cacing mengatakan bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat dari cacing tanah ini . Diantaranya untuk :

  • Sembuhkan Typus
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti typus, disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag
  • Mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan seperti: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC
  • Mengurangi pegal-pegal akibat keletihan maupun akibat reumatik
  • Menurunkan kadar gula darah penderita diabetes
  • Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan sakit gigi. (diolah dari beberapa sumber)
  •  
    Pemancing ikan

    Bagi yang hoby memancing ikan maka keberadaan sang cacing merupakan kebutuhan mutlak

    Di tahun 1881 Charles Darwin menulis : Sangat diragukan apakah ada mahluk lain yang melibihi jasa cacing tanah dalam sejarah dunia

     
     
     
     
     
     
     
     
    Persiapan Media & Cacing
     
    Lahan

  • Gali tanah sedalam 6 inci
  • Sebarkan kompos setinggi 3 inci dan setelah itu gali sampai kedalaman 8 inci
  • Maka tanah tersebut dapat menampung 25 cacing tanah per cubic foot …
     
    Cacing tanah

    Sebarkan cacing tanah yang dapat anda beli diatas permukaan tanah .. 2 atau 3 cacing tanah per m2
     
    Media

    Sebarkan daun kering setinggi 1 inci diatasnya agar tanah dingin dan …makanan pada cacing tanah.
     
    Secara berkala tambahkan organic matter (daun), dan jangan lupa menambahkan lapisan tanah yang tipis diatasnya … karena cacing tanah memerlukan tanah untuk pencernaan
    Dengan penambahan lapisan tanah tersebut maka akan menarik perhatian cacing tanah untuk datang dan mencernakan media yang dapat digunakan untuk pupuk
     
    Read more: Garden Guides http://www.gardenguides.com/104713-add-earthworms-garden.html#ixzz2DEn3VriF
     
    Perhatian

  • Hindari mengunakan pesticides, herbicides atau bahan kimia di kebun anda. Selain membunuh serangga, rumput liar bahan tersebut sangat jahat terhadap cacing tanah
  • Hindari membentuk jaringan cacing tanah pada tumpukan sampah karena biasanya akan bersuhu lebih dari 70 degrees Fahrenheit, yang merupakan suhu yang nyaman bagi cacing tanah
  • Buatlah tempat yang lebih lebar daripada tinggi, ini untuk menghindari terjadinya hot center tumpukan kompos

     
    Untuk anda yang ingin berternak cacing tanah
     
    Mengenai modal yang diperlukan untuk permulaan ternak cacing ini tergantung berapa modal yang hendak di gunakan, karena dengan modal yang sedikit pun sudah bisa

    Contoh : jumlah cacing sebanyak 10 kg, yang pertama harus dilakukan adalah :

  • Siapkan tempat cacing atau siapkan bekas cacing dengan ukuran minimal 60 cm x40cm, dan kotak ini bapak bisa buat dari kayu, plastik ataupun yang lainnya yang tersedia dan termurah cos nya menurut bapak sebanyak 10 unit.
  • Siapkan juga rak tempat menyimpan bekas cacing tersebut sesuai dengan ukuran yang sesuai.
  • Siapkan media untuk cacing dan masukan media tersebut seberat 4kg untuk 1 kg cacing.
  •  
    Setelah media semua terisi baru masukan benih cacing 10 kg tadi kedalam 10 kotak yang sudah ada media masing-masing 1 kg.

    jadi sebetulnya modal tak perlu banyak dulu dan tempat pun bisa sedikit. kecuali akan memulai dengan skala besar.
     
    Diantara lebih dari 1800 jenis cacing yang dikenal oleh para ilmuwan ada dua jenis cacing yang biasa kita pakai di dalam budidaya cacing dan proses pembuatan pupuk organik, yaitu jenis Cacing Lumbricus Rubellus dan Eisenia Fetida (cacing Tiger/harimau)
     
    Limbah kotoran sapi sangat bagus untuk pertumbuhan berat badan dan perkembangbiakan cacing lumbricus Rubellus. Apa bila kita masukan 1 kg cacing lumbricus Rubellus pada satu kotak yang berisi media campuran 1 kg serbuk gergaji yang telah kita rendam dalam air dengan tujuan untuk menghilangkan getah dan bau, dengan 3 kg kotoran sapi yang sudah lama atau sudah menghitam. Lalu kita berikan pakan dari ampas tahu atau ampas aren, maka dalam jangka waktu dua minggu cacing tersebut akan bertelur

    Setelah terlihat telurnya matang atau terlihat kekuningan, kita pisahkan antara cacing induk dengan telornya, induknya kita simpan kemedia yang baru dan telor yang berada dimedia tadi kita biarkan selama kurang lebih dua minggu, maka telor tersebut akan menetas setelah menetas baru kita kasih pakan secara rutin, dalam waktu satu bulan kemudian atau paling lambat 6 minggu cacing tersebut telah jadi dewasa dan siap bertelur seperti induknya.

    Sementara itu, Induknya yang sudah bertelur, setelah dua minggu kemudian dia akan bertelur lagi. Terus begitu, bila pakannya bagus induk cacing tersebut setiap dua atau tiga minggu sekali ia akan bertelur. Dalam dua bulan dia akan menghasilkan empat keturunan, bila kita punya induk sebanyak 100kg dalam dua bulan kita akan punya 800kg calon anak cacing, bahkan bisa saja lebih karena setiap satu butir telur cacing lumbricus rubellus berisi 4 ekor anak cacing.
     

  • Agar cacing tidak pada naik ..atau keluar media, langkah pertama adalah ganti media yang sekarang dengan media yang baru. karena penyebab cacing pada naik itu , dia ga betah di media tersebut, karena media nya mungkin tidak pernah diganti, media terlalu kering, media terlalu basah.
  • Cacing bisa hilang atau berkurang jika makanannya tidak di perhatikan. juga kelembaban medianya. tidak ada predator cacing yang langsung pada media selain gangguan dari luar seperti ayam itik dan yang lainnya
  •  
    Seharusnya jika ternak cacing sudah 6 bulan sudah bisa menghasilkan lebih dari 4 kali lipat dari jumlah cacing yang pertama di ternakan, kemungkinan ada beberapa permasalahan yang belum terperhatikan seperti:

    1. kelembaban media ternak cacing lumbricus rubellus nya. kalau bisa media ternak cacing itu di jaga agar selalu lembab, artinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. jika terlalu kering, maka cacing tidak akan bisa berkembang biak normal, begitu juga jika terlalu basah.

    2. pemberian pakan. sebaiknya pemberian pakan dilakukan pada sore hari, dengan cara pakan tersebut harus dijadikan seperti bubur, karena cacing lumbricus rubellus akan lebih menyukai pakan yang sudah hancur, dan pemberian paka selanjutnya tergantung habisnya pakan tersebut. jangan lupa pakan yang sudah berbentuk bubur tersebut di taro di atas media cacing dengan merata.

    3. Lakukan pembalikan media 1 minggu sekali. agar menghindari kepadatan media.

    silahkan bapak menghubungi kami di 087821918877 atau 087821065097.

    Trimakasih
    Den Comar
    087821918877
    di jalan kota mas 1 no 18-21 perum kota mas cimahi, tlp 087821065097

    Email : bengkel_den@yahoo.co.id

    http://bengkelden.blogspot.com/
    www.bengkelden.com

    Tlp : + 62-22-86601258 fax +62 22 86601260 hp – 62 878 211 25 826 – 0878 219 188 77

    Rumah : Jl kotamas I no 21 Cimahi Jawa Barat
    kantor : Jl Sangkuriang No 78 B kota Cimahi Jawa Barat
     
     
    Berlanjut ke : https://intranet2012.wordpress.com/2012/11/30/cara-budidaya-ikan-gurame/