10/11/2012

 

Hari ini adalah saat yang baik untuk mengenangkan para pahlawan yang telah gugur 67 tahun yang lalu demi kemerdekaan republik Indonesia yang dilangsungkan di Taman Pahlawan Kalibata dihadiri oleh presiden SBJ beserta pejabat lainnya.

 
 
 
 

Pemindahan jasad Tan Malaka ke Kalibata

Setelah 46 tahun baru dilakukan penggalian di Desa Selopanggung, Kediri, tanggal 12 November 2009. Lokasi itu ditemukan setelah penelitian selama bertahun-tahun oleh sejarawan Harry Poeze, membantah situs sebelumnya yang dikabarkan di pinggir Kali Brantas.

Identifikasi yang dilakukan dua dokter spesialis forensik Djaja Surya Atmadja dan Evi Untoro serta dokter gigi Nurtamy Soedarsono (ahli odontologi forensik) telah membuktikan kecocokan kerangka jenazah itu dengan Tan Malaka dalam hal jenis kelamin (laki-laki), ras (Mongoloid), tinggi badan (163-165 cm), dan lengan tersilang ke belakang. Menurut keterangan, Tan Malaka ditembak dalam keadaan tangan terikat ke belakang.
 
Sebetulnya ada tiga pilihan, yakni tetap di Kediri, dibawa ke kampung halamannya, atau disemayamkan di TMP Kalibata. Pihak keluarga kandung tampaknya lebih memilih opsi terakhir, karena ini sekaligus merupakan pengakuan pemerintah terhadap kepahlawanan Tan Malaka selama ini. Meskipun diangkat sebagai pahlawan nasional pada era Soekarno dan gelar itu tidak pernah dicabut, sepanjang 30 tahun pemerintahan Soeharto nama Tan Malaka dihapus dalam pelajaran sejarah di sekolah.
 
 

Apa sih yang disebut dengan Pahlawan itu..?

    Apakah hanya mereka yang aktip atau meninggal dalam perjuangan ditahun 1945..?

    Apakah hanya mereka dari kalangan militer saja ..?

    Apakah hanya dari kalangan pejabat…?

 

… Bisa Tidak .. Bisa Iya

Yang jail akan berucap
Taman Makam Pahlawan Kalibata
adalah
Taman Pemakaman Umum

 
 

Alasan mereka adalah sebagai berikut
 

4 sosok
yang berperan aktip
dalam perjuangan ditahun 1945

tidak dimakamkan di
Taman Makam Pahlawan Kalibata yaitu:

 

Bung Karno di Blitar

Bung Hatta di pemakaman umum Bintaro-Jakarta

 
Jen.Sudirman
Makam-Jen.Sudirman
Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara atau TMP Kusuma Negara adalah sebutan untuk kompleks pemakaman Wijaya Brata yang berlokasi di Jalan Kusuma Negara, Yogyakarta
 
 
 

 
Jen.Suharto di Karanganyar (Giribangun)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mari kita semua mengheningkan cipta bagi mereka yang telah berjasa bagi nusa dan bangsa